Print this page
Thursday, 23 January 2020 08:34

Outcome-based Education (OBE) Sebagai Sarana Capaian Pembelajaran

Dengan berkembangnya dunia kerja yang dari tahun ke tahun semakin modern dan maju. Maka saat ini mahasiswa dituntut untuk bisa memilki pengetahuan dan skill yang baik. Sehingga di awali dengan gambaran yang jelas tentang kemampuan penting yang bisa dilakukan oleh mahasiswa pada saat lulus. Sehingga untuk mencapai target lulusan yang diharapkan dunia kerja saat ini, maka Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN Veteran Jawa Timur mengadakan Lokakarya Kurikulum berbasis Outcome-based Education (OBE) pada tanggal 22 Januari 2020.

IMG 20200122 WA0009

Lokakarya yang dihadiri oleh semua dosen Program Studi Agroteknologi ini diselenggarakan dengan narasumber dari Perguruan Tinggi ITS yaitu Prof.Dr.Aulia Siti Aisjah. 

Berdasarkan edaran BAN-PT no. 4/2017, tentang instrumen akreditasi, Sistem akreditasi berbasis outcome (outcome-based accreditation). OBE adalah proses pendidikan yang difokuskan pada pencapaian hasil yang berorientasi pada hasil pengetahuan, kemampuan dan perilaku. Proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan dalam pendidikan untuk mencerminkan pencapaian pembelajaran dan penguasaan tingkat tinggi daripada akumulasi kredit kursus.

IMG 20200122 WA0005

Untuk mencapai pembelajaran dan penguasaan tingkat tinggi, maka dibutuhkan peran dari Perguruan Tinggi untuk mengorganisasi kurikulum, sistem pembelajaran dan penilaian, secara terstruktur untuk memastikan bahwa proses pembelajaran dapat menghasilkan lulusan dengan kemampuan pembeda yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Setiap lulusan harus bisa menjadi :

1. PENELITI (mampu menguasai metode penelitian, memilki kepekaan terhadap masalah yang nyata dan belajar mandiri)

2. MANAJER (memilki sikap leadership dan mampu menerapkan prinsip manajemen)

3. PERENCANA (mampu merencanakan program,dan mampu melaksanakan dan mengendalikan program)

 

 

NN/AGT

Read 40 times Last modified on Monday, 10 February 2020 08:40