Kurikulum

Kurikulum

Capaian Pembelajaran

       Komponen Capaian pembelajaran/ Learning Objective (LO) dibagi dalam 4 komponenen LO. Capaian Pembelajaran (LO) komponen utama yang terdiri dari Penguasaan pengetahuan umum dan ketrampilan Khusus. Capaian pembelajaran kompetensi pendukung terdiri dari sikap dan tata nilai, keterampilan umum, pengetahuan umum, dan ketrampilan khusus.

  1. Berkarakter bela negara dan meyakini Pancasila sebagai ideologi negara.
  2. Memiliki sikap mandiri, daya juang, optimisme, dan rasa ingin tahu yang tinggi.
  3. Mampu bekerjasama dalam tim / jaringan kerja yakni dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian serta pemberdayaan masyarakat yang lebih luas. (CPL-ST 3)
  4. Mampu melakukan identifikasi dan analisis, serta memecahkan permasalahan pertanian dataran rendah berbasis penelitian interdisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dan resiko serta mengantisipasi perubahan-perubahan lingkungan eksternal untuk meningkatkan produksi dan daya saing pertanian dataran rendah.
  6. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri dan mampu mendiseminasikan hasil penelitian dalam bentuk publikasi di tingkat nasional dan atau internasional pada jurnal terakreditasi.
  7. Menguasai pengetahuan pengelolaan pertanian berkelanjutan dalam menghadapi iklim global untuk meningkatkan produksi dan keamanan pangan.
  8. Menguasai  konsep dan teknik analisis dampak iklim global di bidang pertanian serta metode penanggulangannya.
  9. Menguasai pengetahuan dan keterampilan khusus dalam berkarya berdasarkan keahlian bidang Manajemen Sumber Daya Lahan
  10. Menguasai pengetahuan dan keterampilan khusus dalam berkarya berdasarkan keahlian bidang Manajemen Pemuliaan dan Produksi Tanaman terintegrasi.
  11. Menguasai pengetahuan dan keterampilan khusus dalam berkarya berdasarkan keahlian bidang Pengelolaan Hama Penyakit Terpadu.

Kurikulum

Deskripsi Mata Kuliah

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian