LOKAKARYA NASIONAL DAN KONGRES II PAGI “Kurikulum dan Implementasi MBKM Program Studi Agroteknologi / Agroekoteknologi”

PAGI merupakan organisasi  profesi kepakaran bidang Agroteknologi yang diikuti oleh seluruh program studi Agroteknologi di Indonesia, memiliki AD ART yang  memiliki bidang kerja Pendidikan dan Penelitian.

Lokakarya dan Kongres II Perkumpulan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (PAGI) mengangkat tema ‘Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Agroteknologi’. Bertempat di Ruang Sidang II Gedung dr. Prakosa UNS, dalam lokakarya ini menghadirkan empat pembicara. Mereka yaitu Tim Ahli Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Dr. Syamsul Arifin, Kepala Bagian Agronomi Research dan Development PT. Great Giant Pineapple, Dr. Priyo Cahyono, Kepala Program Studi Agroteknologi Departemen Agronomi Universitas Brawijaya, Dr. agr. Nunun Barunawati, dan Kepala Program Studi Agroteknologi FP UNS.

“PAGI berperan untuk menyamakan persepsi aplikasi MBKM bagi semua pengelola Prodi Sarjana maupun Magister Agroteknologi/Agroekoteknologi di perguruan tinggi di seluruh Indonesia. PAGI hadir menjawab tantangan Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi menuju internasionalisasi” Dr. Parjanto, Kepala Program Studi Agroteknologi, UNS.

Luaran  yang dihasilkan dari Lokakarya PAGI ini untuk Program Magister Agroteknologi adalah CPL Magister Agroteknologi  berbasis  KKNI  2019 belum mengacu untuk program MBKM namun demikian restrukturusasi kurikulum serta pengembangan model pembelajaran yang diselaraskan dengan program OBE juga menjadi salah satu terobosan yang cukup penting untuk mewujudkan pola pembelajaran berjejaring global adalah proses pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses akademis.

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian