KULIAH TAMU “Inovasi Teknologi Pengembangan Buah Tropika Unggul dalam Rangka Mengisi Pasar Domestik dan Ekspor”

Kuliah tamu merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan akan membawa manfaat besar terutama dalam memperkaya pengetahuan dosen serta mahasiswa. Adanya kuliah tamu yang mendatangkan dosen atau narasumber dari luar perguruan tinggi akan memberikan wawasan yang lebih luas dan baru, informasi yang lebih banyak dan beragam, serta sudut pandang lain dalam memahami suatu bidang ilmu pengetahuan. Selain itu, narasumber juga diharapkan akan memberikan informasi perihal kondisi di lapangan dan kebutuhan akan para lulusan perguruan tinggi saat ini.

Narasumber yang dipilih berdasarkan pada materi perkuliahan dan atau kebutuhan dosen maupun mahasiswa terhadap informasi tertentu terkait suatu permasalahan. Hal tersebut dimaksudkan agar materi yang telah dipelajari di kelas menjadi semakin jelas, mendalam, dan sesuai dengan kondisi di lapangan saat ini.

Kegiatan Kuliah Tamu Magister Agroteknologi UPN “Veteran” Jawa Timur Tahun 2022 dilaksanakan secara offline pada hari Rabu, 27 Juli 2022 bertempat di Ruang 202 Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur. Acara berlangsung dari mulai pukul 09.00-12.30 WIB dan dipandu oleh Puji Lestari Tarigan, SP, MSc selaku pembawa acara.

Laporan kegiatan secara singkat disampaikan oleh ketua panitia yaitu Iis Purnamawati, SP, MSi. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus pembukaan acara oleh Dekan Fakultas Pertanian yaitu Dr. Ir. RA. Nora Augustien K, MP. Kedua agenda tersebut dilaksanakan setelah seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara.

Pemaparan materi oleh narasumber yaitu Dr. Ir. Mohamad Reza Tirtawinata, MS dilaksanakan setelah selesainya sambutan oleh dekan fakultas pertanian. Narasumber menyampaikan materi melalui tayangan yang telah dipersiapkan dengan tema “Inovasi Teknologi Pengembangan Buah Tropika Unggul dalam Rangka Mengisi Pasar Domestik dan Ekspor”. Materi disampaikan hingga pukul 11.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan diskusi hingga pukul 12.15 WIB. Peserta cukup antusias dnegan materi yang disampaikan oleh narasumber terlihat dari banyak dan beragamnya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber. Banyak informasi baru yang diperoleh dari narasumber terutama mengenai keberagaman buah-buahan asli Indonesia dan berbagai keunggulannya.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber, hadiah kepada peserta yang bertanya, dan foto bersama. Acara berjalan dangan cukup lancar dari awal hingga selesai. Beberapa kendala teknis saat sebelum acara dimulai dapat diatasi dengan baik dan tidak menjadi pengganggu jalannya acara.

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian