Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Sumberkembar, Mojokerto

Program Studi Magister Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan Pengabdian kepada massyarakat sebagai kewajiban tridharma perguruan tinggi, mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan hasil penelitian, serta menjalin hubungan baik dengan petani dalam rangka mencapai pertanian Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Magister Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur Tahun 2023 dilaksanakan di Desa Sumberkembar, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur pada penghujung bulan Juli 2023. Kegiatan dihadiri oleh 7 dosen dan   12   mahasiswa   Program   Studi   Magister   Agroteknologi,   Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur, serta kelompok petani 10 orang Desa Sumberkembar atas serangkaian kegiatan yang cukup menarik antusiasme petani sebagai sasaran dalam kegiatan pengabdian atau penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan.

Penyuluhan dan diskusi 3 materi yang dilanjutkan dengan SLPHT oleh Dosen dan   mahasiswa Program Studi Magister Agroteknologi, Fakultas Pertanian  UPN  “Veteran”  Jawa  Timur.  Materi  yang  disampaikan beragam dan cukup lengkap dari mulai penataan lahan, pengelolaan tanah berkaitan dengan pemupukan, dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT). a. Budidaya Jagung tahan kekeringan (Prof. Dr. Ir Juli Santoso Pikir, MP.); b. OPT Cabai tomat dan pengendaliannya (Wuryaning, SP dan Dr. Ir. Herry Nirwanto MP.); c. OPT pada tanaman padi dan pengendaliannya (Alfatih Karim SP. dan Dr.Ir. Wiwin Windiyati, MP) d. Pengamatan OPT di lapang pada tanaman Padi, tomat dan Cabai.

Pelatihan bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian baik dosen maupun mahasiswa dan meningkatkan keterampilan sehinga dapat mencari solusi atas berbagai masalah. Berikut materi pelatihan yang disampaikan : a.   Pelatihan Perbanyakan dan aplikasi, multiantagonis streptomyces  sp., trichoderma sp ,pada tanaman hortikultura (Dr. Ir. Tri Mujoko, MP. Dan Dr. Ir. Penta Suryaminarsih,MP.); b.   Pelatihan pembuatan dan pemakaian Pupuk kandang kotoran kambing (Dr.Ir. Nora Augustien, MP.); c.   Budidaya  dan  produksi  serta  pemasaran  cacing  (Cashcing)  untuk peningkatan ekonomi (Dr. Ir. Moch Arifin).

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian